Cara Setting Mikrotik dari Awal Sampai Akhir dengan Winbox

Cara Setting Mikrotik Dari Awal Sampai Akhir mudah dilakukan asalkan anda mampu dan memahami beberapa inti seperti Gateway, DHCP, dan Routing. Wireless atau lebih dikenal dengan wifi saat ini sudah menjadi bagian penting dikehidupan sehari-hari. Streaming, Gaming Online dan Download adalah aktifitas yang sering kita jumpai.

Gambar ilustrasi rdtekno.com

Untuk mengatur kecepatan, Bandwith pada Wifi maka diperlukan Mikrotik. Fungsi mikrotik merupakan sebagai pengatur Gateway Internet Wifi agar dapat disesuaikan dengan mudah oleh pemilik jaringan/wifi. Contoh penggunaan Wifi Mikrotik adalah untuk digunakan di Warkop, Kafe, Kantor, Rumah Sakit dan Warkop Gaming dengan system voucher.

Contohnya wifi warkop yang ada Voucher 2jam, 3 jam, 6jam dibuat dengan Mikrotik Winbox agar dapat diterapkan wifi voucher. Menggunakan login page dengan system durasi dan speed wifi adalah salah satu fungsi Mikrotik. Nah anda yang sedang belajar Bagaimana Cara Setting Mikrotik dari Awal menggunakan winbox, baca tutorial berikut ini sampai selesai.

3 Hal Dasar Mikrotik

Kamu sedang belajar setting mikrotik dari awal maka ada 3 hal dasar yang harus kamu pahami terlebih dahulu. Tiga hal dasar itu adalah Gateway, DHCP dan Dns. Jika kamu sudah mengetahui fungsi dan cara kerja masing-masing hal tersebut, maka kamu bisa lanjut mempelajari Setting Mikrotik dengan Winbox.

Adapun pengaturan dasar seperti IP gateway, Firewall, Nat dan Routing adalah beberapa tambahan pengaturan yang kamu bisa pelajari di tingkat lanjut. Poin penting menurut saya pribadi adalah Pengaturan Bandwith Wifi, Voucher wifi dan Vpn agar bisa disesuaikan dengan kecepatan wifi untuk yang menggunakan usaha warkop dan wifi voucheran.

Gateway, DHCP, Dns

IP, Firewall, Nat dan Routing

Konfigurasi Bandwith, Voucher VPN dsb.

Topologi Settingan Mikrotik Winbox

Berikut adalah Gambaran umum/ Topologi pemasangan Mikrotik rb750 dan rb941 untuk Wifi Voucher

Perlu anda ketahui bahwasannya sebelum anda memasuki proses konfigurasi mikrotik, hal yang perlu anda lakukan adalah membuat topologinya terlebih dahulu. Kita anggap untuk data yang diperlukan adalah

  • network 192.168.22.0/30
  • router 192.168.22.2
  • gateway 192.168.22.1

Langkah Setting Mikrotik dari Awal dengan Winbox

Pertama siapkan software Winbox dan Kabel LAN yang ada akses internet, bisa dari modem, STB dan Provider Internet Kabel lainnya. Berikut langkah-langkah cara setting MikroTik dengan Winbox:

Setting Konfigurasi Winbox

Login melalui Winbox dengan klik pada bagian Mac Address, isi form Login: admin dan Password: [kosong atau tanpa password], lalu klik Connect.

Setting DHCP Client

Kemudian,, Setelah berhasil login konfigurasi yang pertama adalah DHCP Client,
pilih menu IP – DHCP Client – klik tambah (+) – pilih interface dengan mengisi form pada pilihan Interface : ether1.

Lalu hilangkan centang pada Use Peer DNS yang berarti MikroTik tidak akan menggunakan DNS bawaan dari ISP karena nanti akan menggunakan kustom DNS, lalu klik Apply – OK.

Kemudian,,itu seharusnya MikroTik sudah mendapatkan akses internet dari ISP melalui ether1. Untuk mengecek buka menu New Terminal – ketik ping google.com lalu Enter. Dengan fitur DHCP Client ini, Anda sudah tidak perlu untuk setting gateway intenet.

Setting IP di Ether2

Langkah Berikutnya,yaitu cara setting IP address pada ether2, masuk pada menu IP – Addresses – klik tambah (+) dan akan muncul tab baru, isi dengan IP address beserta prefixnya (/24) pada form Address : 192.168.1.1/24 dan pilih Interface : ether2 dan klik Apply – OK.

Sampai tahap ini maka ether2 sudah memiliki IP address yaitu 192.168.1.1, Andabisa mengganti IP address tersebut sesuai keinginan asalkan IP address class C misalnya 192.168.10.1/24.

Setting DNS

Langkah Berikutnya,adalah setting DNS, caranya masuk menu IP – DNS – Isi pada form Servers : 8.8.8.8 dan 8.8.4.4, kemudian centang pada Allow Remote Requets dan klik Apply – OK.

DNS tersebut yang merupakan DNS Google, selain itu Anda juga bisa menggunakan DNS lain yang tersedia di Internet, seperti DNS Cloudflare yang memiliki IP yaitu : 1.1.1.1 dan 1.0.0.1

DNS Cloudflare banyak digunakan untuk memfilter konten-konten negative sehingga tidak perlu untuk memblokir satu persatu, namun DNS Google juga banyak digunakan untuk mendapatkan kecepatan internet yang maksimal.

Setting NAT Mikrotik

Lalu setting NAT MikroTik dengan masuk pada menu IP – Firewall – tab NAT – klik tambah (+) – lalu isi form Chain : scrnat dan Out. Interface : ether1.

Chain: scrnat yang berfungsi untuk mengubah source address dari sebuah paket data, dengan kata lain MikroTik mengubah IP local menjadi IP public.

Out Interface: ether1 menentukan trafik internet yang keluar dari MikroTik yaitu melalui ether1.

Langkah Berikutnya,pada tab Action pilih Action : masquerade dan Apply – OK.

Action: masquerade ini berfungsi untuk menghubungkan IP local dengan IP public.

Nah, sampai tahap cara setting MikroTik ini, maka komputer yang terhubung pada ether2 akan bisa mengakses internet akan tetapi harus mengisi IP address secara manual, oleh karena itu agar tidak perlu repot-repot maka bisa menggunakan fitur DHCP Server

Setting DHCP Server

Lanjut pada cara setting DHCP Server, masuk pada menu IP – DHCP Server – pilih menu DHCP Setup.

Berikut cara setting DHCP server di MikroTik:

Pilih interface yaitu ether2 Kemudian Next

Tentukan DHCP Address Space, tahan ini akan terisi otomatis – Next

Tentukan gateway, tahap ini akan terisi otomatis oleh IP Address dari ether2 yaitu 192.168.1.1 Kemudian Next

Pilih IP Pool Client

Pilih IP pool yang akann digunakan oleh client, dan akan terisi otomatis sesuai hosts pada prefix yang digunakan yaitu 192.168.1.2-192.168.1.254 Kemudian Next, pada IP address 192.168.1.1 tidak akan digunakan karena sudah digunakan sebagai gateway dan 192.168.1.255 sebagai broadcast

Isi DNS : 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 Kemudian Next, DNS inilah yang digunakan otomatis pada semua client yang tersambung pada ether2

Setting Lease Time

Tentukan Lease Time Kemudian Next, yaitu berapa lama IP address akan dipinjamkan ke client

Sampai pada tahap ini, Anda sudah berhasil mengikuti cara konfigurasi dasar MikroTik, komputer/laptop yang terhubung dengan ether2 akan mendapatkan akses internet dan IP address otomatis antara 192.168.1.2 sampai 192.168.1.254, agar bisa digunakan lebih banyak perangkat, Anda bisa menambahkan switch pada ether 2.

Cara Setting Hotspot MikroTik dengan Winbox

Nah Kemudian,,menghubungkan ether2 hingga terkoneksi internet, Langkah Berikutnya, Anda bisa menambahkan hotspot pada ether lainnya. Berikut langkah-langkah cara setting MikroTik untuk wifi hotspot:

Langkah 1. Pertama silahkan masuk menu IP – Hotspot – pada tab Servers pilih Hotspot Setup.

Pilih interface Hotspot, disini saya memilih ether3 karena ether1 dan 2 sudah digunakan pada settingan sebelumnnya Kemudian Next

Tentukan IP Address, misalkan 192.168.2.1/24 dan centan Masquerade

Network Kemudian Next

Langkah Berikutnya,tentukan IP pool, disini akan terisi otomatis sesuai hosts pada prefix yang digunakan yaitu 192.168.2.2-192.168.2.254 – Next

Pada opsi Select Sertificate, pilih none Kemudian Next

Pada SMTP Server silahkan pilih Next

Isi DNS : 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 Kemudian Next

Berikutnya pada DNS Name, isi misalkan rdtekno.com Kemudian Next

Langkah terakhir silahkan isi user Hotspot dan password sesuai keinginan Anda, misalkan user: admin dan password: admin Kemudian Next

Nah begitulah Cara Setting Mikrotik dari Awal Sampai Akhir dengan Winbox. Sekarang ether3 sudah terkonfigurasi dengan hotspot dan dapat diteruskan melalui Access Point dengan mode AP

Artikel ini berisi kata kunci pencarian yang berhubungan seperti berikut ini

cara setting mikrotik dari awal sampai akhir
cara setting mikrotik dari awal sampai akhir dengan winbox

cara setting mikrotik hotspot
langkah langkah setting mikrotik
cara setting mikrotik rb951ui 2hnd dari awal
cara setting mikrotik dengan winbox
setting mikrotik indihome
cara setting mikrotik 3 port
cara setting mikrotik rb750
cara setting router mikrotik dengan winbox

cara setting mikrotik dari awal sampai akhir dengan winbox
cara setting mikrotik dari awal sampai akhir pdf
cara setting mikrotik rb750r2 dari awal sampai akhir

cara setting mikrotik hotspot
cara setting mikrotik rb931-2nd
konfigurasi dasar mikrotik
setting mikrotik indihome
fungsi mikrotik bagian 2
gambar winbox
cara menghubungkan mikrotik ke pc
cara membuat mikrotik pc
review mikrotik rb750
cara setting router mikrotik dengan winbox
tuliskan fungsi dari dns pada mikrotik
cara reset mikrotik
setting mikrotik internet
download buku mikrotik pdf
buku panduan mikrotik
cara instal mikrotik di virtual box
cara konfigurasi mikrotik di virtualbox
script mikrotik full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *